Algoritma Kruskal adalah
algoritma untuk mencari pohon merentang minimum secara langsung didasarkan pada
algoritma MST (Minimum Spanning Tree)
umum. Pada algoritma Kruskal sisi-sisi di dalam graf diurut terlebih dahulu
berdasarkan bobotnya dari kecil ke besar. Sisi yang dimasukkan ke dalam
himpunan T adalah sisi graf G sedemikian sehingga T adalah pohon. Pada keadaan
awal, sisi-sisi sudah diurut berdasarkan bobot membentuk hutan (forest). Hutan tersebut dinamakan hutan
merentang (spanning forest). Sisi
dari graf G ditambahkan ke T jika tidak membentuk sirkuit di T.
Perbedaan prinsip antara
algoritma Prim dan Kruskal adalah jika pada algoritma Prim sisi yang dimasukkan
ke dalam T harus bersisian dengan sebuah simpul di T, maka pada algoritma
Kruskal sisi yang dipilih tidak perlu bersisian dengan simpul di T asalkan
penambahan sisi tersebut tidak membentuk sirkuit.
Langkah-langkah dalam algoritma Kruskal adalah sebagai berikut:
1. Lakukan
pengurutan terhadap setiap sisi di graf mulai dari sisi dengan bobot terkecil
sampai terbesar.
2. Pilih
sisi yang mempunyai bobot minimum yang tidak membentuk sirkuit di pohon.
Tambahkan sisi tersebut ke dalam pohon.
3. Ulangi
langkah 2 sampai pohon merentang minimum terbentuk, yaitu ketika sisi di dalam
pohon merentang minimum berjumlah n-1 (n adalah jumlah simpul di graf).
Berdasarkan gambar di atas, maka
dilakukan pengurutan sisi pada graf mulai dari sisi
dengan bobot terkecil sampai terbesar dapat dilihat pada tabel berikut:
Bobot
|
Sisi
|
10
|
(F,G)
|
14
|
(G,H)
|
15
|
(A,C)
|
20
|
(D,H)
|
25
|
(B,E)
|
30
|
(D,E)
|
35
|
(A,D)
|
40
|
(A,B)
|
45
|
(C,E)
|
48
|
(E,F)
|
50
|
(E,G)
|
Untuk lebih memahami perbedaan
algoritma Prim dan algoritma Kruskal yang keduanya merupakan algoritma untuk
pohon merentang minimum, maka dari gambar di atas dapat dicari pohon merentang
minimumnya dengan menggunakan kedua algoritma tersebut. Langkah-langkah
pembentukan pohon merentang minimumnya dapat dilihat pada gambar berikut ini:
DAFTAR PUSTAKA / REFERENSI
Gloor, P. A., Johnson, D. B., Makedon, F., Metaxas, P., (1993), A Visualization System for Correctness Proofs of Graph Algorithms, http://www.wellesley.edu/CS/pmetaxas/visual_proofs.pdf, Computer Science Education, [19 Maret 2010].
Greenberg, H. J., (1998), Greedy Algorithm for Minimum Spanning Tree, http://glossary.computing.society.informs.org/notes/spanningtree.pdf, University of Colorado, Denver, [19 Maret 2010].
Kristanto, A., (2008), Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya, Gava Media, Yogyakarta.
Mehta, D. P., Sahni, S., (2005), Handbook of Data Structures and Applications, Chapman & Hall/CRC Computer and Information Science Series, United States of America.
Munir, R., (2009), Matematika Diskrit, Edisi 3, Informatika, Bandung.
Oetomo, B. S., (2002), Perencanaan dan Pembangunan Sistem Informasi, Andi, Yogyakarta.
Purbasari, I. Y., (2007), Desain Dan Analisis Algoritma, Edisi 1, Graha Ilmu, Yogyakarta.
Purwanto, E. B., (2008), Perancangan Dan Analisis Algoritma, Edisi 1, Graha Ilmu, Yogyakarta.
Zakaria, T. M., Prijono, A., (2006), Konsep Dan Implementasi Struktur Data, Informatika, Bandung.
wahhh bermanfaat gan...
BalasHapuslumayan buat modal UTS
mantapp
BalasHapusOke maknyus gan. Mampir ke blog ane juga yaa
BalasHapushttp://ajisaputrars.blogspot.com
Mampir gan
BalasHapusTeknologi Dan Psikologi
Keren boss, bermanfaat
BalasHapusmakasih.
BalasHapuskunjungi http://mathcyber1997
blog khusus matematika